APLIKASI AJAX

Aplikasi Ajax

Pada aplikasi Javascript konvensional jika kita menginginkan data dari server kita menggunakan Form dan memanggilnya dengan method GET atau POST. Sehingga pengunjung perlu mengklik tombol dan kemudian halaman akan kerefresh untuk menampilkan hasil dari request tersebut.

Nah, kalau dengan Ajax, Javascript berkomunikasi langsung keserver dengan fungsi XMLHttpRequest. dengan XMLHttpRequest suatu halaman web dapat meminta data dari server dan menerima hasilnya tanpa perlu terjadi refresh pada halaman web tersebut. XMLHttpRequest telah disupport oleh IE 5 keatas, Safari 1.2 keatas, Mozilla Firefox keatas dan Opera 8 keatas.

Ajax merupakan penggabungan teknologi-teknologi berikut ini:

* Javascript
* HTML/XHTML
* XML
* CSS

Jadi jika anda belum menguasai salah satu dari teknologi tersebut saya sarankan anda pelajari terlebih dahulu sebelum meneruskan membaca artikel ini. Percaya sama saya, Ajax bukan sesuatu yang mudah untuk dipelajari, anda perlu memahami ke empat teknologi tersebut.
Contoh aplikasi Ajax

Langsung saja akan saya berikan contoh aplikasi Ajax, saya akan berikan contoh dan nanti akan saya jelaskan dibawahnya. Sekarang anda tuliskan kode dibawah ini dan simpan dengan nama coba.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar