AJAX

APA ITU AJAX
Ajax, kita tentu sudah sering mendengar kata-kata tersebut. Apalagi bagi Web Programmer, Ajax sudah menjadi teknologi yang wajib digunakan dalam membuat website moderen. Tapi sebenarnya apa sih Ajax itu? dan dari mana sebenarnya Ajax berasal? Mari kita bahas satu persatu.
Asal mula Ajax
Apa perbedaan antara aplikasi website dan aplikasi desktop pada komputer? Jawabannya hanya satu, aplikasi desktop lebih interaktif dan responsif dibanding aplikasi web. Jika anda pernah melihat aplikasi pada desktop, jika kita mengklik suatu tombol maka reaksi perubahannya akan langsung terlihat pada aplikasi tersebut yang membuat aplikasi desktop sangat interaktif. Tetapi pada website jika kita mengklik suatu tombol/link maka browser akan melakukan refresh pada browser dimana layar browser akan menjadi putih sesaat karena pada saat itu browser sedang meminta/merequest data dari server
Hal itulah yang membuat aplikasi website menjadi kurang interaktif dan responsif dibanding aplikasi desktop. Ajax digunakan untuk memecahkan masalah tersebut, Ajax membuat aplikasi website menjadi lebih interaktif dan responsif seperti aplikasi desktop. Saat ini Ajax sudah menjadi teknologi yang wajib ada bagi website-website moderen (atau istilahnya Web 2.0).
Asal mula Ajax
Ajax merupakan kepanjangan dari Asynchronous JavaScript + XML dan bukan merupakan bahasa pemrograman baru tetapi suatu metode/teknik baru yang menggunakan teknologi yang telah ada. Ajax menggunakan teknologi lama yaitu Javascript yang melakukan request ke server untuk meminta data dalam bentuk Text/XML. Coba anda bandingkan diagram proses suatu website keserver pada website konvensional dan website yang menggunakan Ajax:


Sekarang bandingkan dengan website yang menggunakan Ajax:

Jika anda lihat pada website yang menggunakan Ajax, proses request ke server dilakukan oleh Javascript. Sehingga tampilan pada browser client tidak mengalami perubahan (refresh). Kemudian hasilnya akan dikirim oleh server dalam bentuk Text/XML dan ditampilkan dibrowser client
Bagian mana dari tampilan website yang akan berubah? Ajax menggunakan CSS untuk menentukan bagian mana dari website untuk diisi oleh tampilan baru yang baru saja diambil dari server.
PERHATIAN
Ajax menggunakan Javascript, jadi jika Javascript pada browser tidak aktif aplikasi Ajax anda tidak berfungsi. Karena itu gunakan aplikasi Ajax sebagai pendukung website anda, maksudnya disini anda membuat website biasa tanpa Ajax, setelah jadi baru anda menambahkan Ajax pada website anda. Jadi jika kemungkinan terburuk terjadi yaitu browser pengunjung tidak mengaktifkan Javascript, maka pengunjung masih dapat menikmati website anda.

1 komentar:

Roy Ritonga mengatakan...

Tugasnya OK, ayo lebih sering dibaca dan sertakan sumbernya..

Posting Komentar